TANTANGAN

Selama pandemi, transformasi digital telah berkembang dengan kecepatan yang belum pernah terlihat sebelumnya, menyebabkan gangguan terbesar dalam sistem pendidikan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Teknologi digital telah mengubah metode pembelajaran dari tatap muka (offline) menjadi online. Diperkenalkan pada tahun 2019, Sekolah.mu adalah platform yang memfasilitasi sistem pembelajaran campuran (online dan offline) dengan berbagai program untuk berbagai tingkat pendidikan siswa, termasuk untuk pemuda di luar sekolah, serta untuk guru dan orang tua dalam membangun kompetensi masa depan. Sekolah.mu harus tampil dan mendukung prioritas Pemerintah dengan memungkinkan pengajaran dan pembelajaran online di rumah. Sekolah.mu menghadirkan pendekatan inovatif yang menggabungkan keunggulan kurikulum, potensi teknologi, dan relevansinya dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam karier dan kehidupan profesional di masa depan.

STRATEGI

ID COMM fokus pada menegaskan komitmen Sekolah.mu untuk mendorong pengembangan kualitas pendidikan di Indonesia yang dapat dinikmati dan diakses dengan mudah oleh semua anak Indonesia. ID COMM merancang dan mengimplementasikan strategi komunikasi yang mencakup pengembangan panduan komunikasi merek yang lengkap, pemantauan isu, penyediaan pembaruan rutin, produksi materi media, dan pemanfaatan peluang media secara berkelanjutan. Selama periode keterlibatan, ID COMM bekerja dengan berbagai kelompok pemangku kepentingan di sektor pendidikan.

KELUARAN

ID COMM menjadi tim yang andal dalam memberikan nasihat komunikasi strategis kepada Sekolah.mu dan menghadapi potensi isu yang mungkin muncul selama krisis pandemi. Melalui panduan komunikasi yang disusun, ID COMM membuka beberapa jalur dan skenario untuk membimbing merek melalui situasi yang dinamis dan tidak pasti, serta tantangan seperti mengubah perilaku siswa dari pembelajaran offline ke online dan pembelajaran campuran. Selama periode keterlibatan, ID COMM berhasil menempatkan artikel-artikel yang dipikirkan dengan matang di publikasi terkemuka seperti Kompas, Kontan, dan Daily Social – melalui pitching cerita, sesi wawancara, testimoni pengguna, dan lainnya.