TANTANGAN
Platform verifikasi identitas digital startup IT VIDA menyediakan layanan mulai dari verifikasi, otentikasi, hingga tanda tangan digital. Perusahaan ini ingin meningkatkan kesadaran mereknya secara luas, khususnya dalam hal hasil SEO (search engine optimization) organik ketika dicari oleh pengguna internet di mesin pencari seperti Google. Misalnya, tujuan VIDA adalah agar situs webnya muncul di puncak ketika pengguna internet mencari dengan kata kunci seperti ‘identitas digital’ atau ‘VIDA’ tanpa perlu memasang iklan yang akan menimbulkan biaya tambahan. Fitur keamanan digital lainnya yang disediakan VIDA adalah membantu aplikasi pelacakan kontak internal seperti PeduliLindungi milik pemerintah Indonesia dalam melacak individu yang memasuki tempat umum selama pandemi COVID-19 dan proses verifikasi identitas dan otentikasi onboarding saat pengguna membuat akun di dompet digital seperti GOPAY atau OVO. VIDA telah memilih ID COMM sebagai Agensi PR untuk melakukan sejumlah metode dengan media dan asosiasi guna mencapai tujuan VIDA dalam meningkatkan kesadaran mereknya. Hambatan terbesar yang harus diatasi oleh ID COMM bukan hanya menarik berbagai media untuk berpartisipasi dalam kegiatan keterlibatan media, tetapi juga menjelaskan sektor ‘identitas digital’ yang relatif baru kepada media, yang masih banyak orang yang belum sepenuhnya memahami industri ini.
STRATEGI
Tim ID COMM dan VIDA sepakat pada dua pendekatan, yaitu keterlibatan media dan hubungan media. Wawancara 1-on-1 diatur antara CEO VIDA dan direkturnya dengan sejumlah media. Selain itu, ID COMM juga mengatur webinar dan mengundang anggota Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) dan Forum Keamanan Siber Indonesia (ICSF) serta media untuk mempromosikan VIDA dan juga mendidik peserta tentang segmen identitas digital. Selain itu, ID COMM juga menyiapkan dan menyebarkan rilis pers kepada media selama periode kolaborasi. Dalam hal hubungan media, ID COMM mendampingi VIDA dalam melakukan kunjungan media untuk membangun hubungan baik dengan beberapa media terkenal di Indonesia.
KELUARAN
Selama periode kemitraan, pencarian organik SEO menunjukkan bahwa nama merek VIDA muncul lebih sering dan lebih tinggi di halaman mesin pencari, dibandingkan dengan pesaing VIDA yang menawarkan layanan serupa. Semua ini dilakukan tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk iklan.