TANTANGAN

Setiap tahun, United Nations Children’s Fund (UNICEF) global mengadakan perayaan Hari Anak Sedunia (World Children’s Day/WCD). Tema untuk WCD 2017 adalah #kidstakeover. Salah satu tantangan utamanya adalah mengadaptasi kampanye global tersebut ke dalam konteks nasional dan lokal di Indonesia, namun tetap sesuai dengan panduan global UNICEF dalam hal isu anak dan visual kampanye. Selain meningkatkan kesadaran, tujuan utama kampanye ini adalah untuk mendorong donasi dan prospek melalui situs web.

STRATEGI

ID COMM ditunjuk untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan membantu UNICEF Indonesia dalam mengimplementasikan media (kemitraan radio) dan aktivasi digital (pembuatan situs mikro, media sosial, dan keterlibatan KOL) untuk kampanye ini.

 

Kreativitas memainkan peran penting. Kami membuat bingkai #kidstakeover dan emoji yang dapat ditambahkan pada foto profil mereka, serta lima tema berbeda, seperti ‘Kenangan Masa Kecil Saya’ untuk mendorong orang-orang membagikan cerita mereka sendiri ke media sosial dan microsite, lalu menyusunnya menjadi sebuah video. Kami juga mengadakan kuis berhadiah e-book tentang hak-hak anak dan papan ular tangga bagi mereka yang menyumbangkan atau menyumbangkan cerita mereka di situs mikro.

KELUARAN

Situs mikro yang kami buat menghasilkan 491 data pengguna dan donasi. Media sosial menghasilkan 800+ ribu jangkauan dan impresi, serta 50+ ribu keterlibatan. Secara paralel, kami berhasil melibatkan empat KOL terkemuka seperti Tike Priyatna Kusuma, Ronal Surapradja, Melissa Karim, dan Ferry Salim, untuk meningkatkan kesadaran dari setiap tema yang dibuat.