TANTANGAN

Merek yogurt yang peduli kesehatan, Delicyo, ingin meningkatkan kesadaran mereknya melalui keterlibatan influencer. Selama periode Mei hingga Juni 2020, perusahaan memanfaatkan momentum bulan Ramadan untuk memperluas kesadaran merek di pasar, terutama kepada para ibu. Untuk mencapai tujuan ini, Delicyo menggandeng ID COMM untuk membantu mempromosikan produk yogurt mereka di awal pandemi COVID-19. Tantangan utama yang dihadapi ID COMM adalah menemukan titik temu dengan klien mengenai indikator kinerja utama (KPI) yang tepat untuk menunjukkan bahwa pendekatan keterlibatan influencer telah berhasil menjangkau segmen pasar yang diinginkan oleh Delicyo. Untuk itu, ID COMM merancang strategi dan memutuskan untuk bekerja dengan sejumlah influencer yang dianggap sebagai duta merek yang tepat untuk meyakinkan pengikut mereka untuk mengonsumsi yogurt Delicyo.

STRATEGI

Selama periode dua bulan, Delicyo meminta ID COMM untuk melakukan keterlibatan dengan influencer guna meningkatkan kesadaran merek melalui testimoni produk di akun Instagram mereka. Secara total, ID COMM berhasil mengajak 11 influencer Instagram (gabungan dari dewasa muda dan ibu-ibu) untuk mempromosikan produk yogurt Delicyo di akun masing-masing.

KELUARAN

Pada akhir kemitraan, ID COMM bekerja sama dengan 11 influencer Instagram. Selama periode dua bulan tersebut, telah diunggah 7 posting Instagram dan 18 cerita, yang menghasilkan 9.411 interaksi dengan total 177.548 impresi.