TANTANGAN

Meskipun dampak perubahan iklim di Indonesia sangat besar, perhatian publik dan pemerintah masih perlu ditingkatkan. Dengan pengetahuan dan data yang komprehensif, kelompok masyarakat sipil menghadapi tantangan untuk menyeimbangkan narasi mereka dengan perspektif pemerintah. DDA melibatkan 20 juru bicara untuk meningkatkan kesadaran mengenai isu-isu penting seperti perlindungan hutan, ekonomi hijau, energi terbarukan, ketahanan pangan, dan isu-isu masyarakat adat.

STRATEGI

ID COMM merancang strategi komunikasi yang kuat untuk mengangkat suara masyarakat sipil. Ini melibatkan identifikasi dan pemetaan ahli serta pembuatan program komunikasi yang disesuaikan dalam bentuk webinar, podcast, kampanye media sosial, acara radio, dan briefing media. Para juru bicara juga dibekali dengan keterampilan melalui pelatihan dalam berbicara di depan umum, interaksi media, dan strategi digital.

KELUARAN

Secara keseluruhan, kampanye ini mencapai 560 liputan media dan 8 juta eksposur media melalui berbagai saluran media. Sebanyak 4.066 pendengar mendengarkan podcast, memperoleh 265.324 penayangan Instagram live, dan 282 orang berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dimana para juru bicara menjadi narasumber.

 

Selama inisiatif ini berjalan, para juru bicara mendapatkan kepercayaan diri dan meningkatkan keterampilan komunikasi mereka, memungkinkan mereka untuk secara efektif menghubungkan pengetahuan mereka dengan isu-isu terkini dan meningkatkan keterlibatan publik dalam isu-isu perubahan iklim melalui narasi kolaboratif yang mereka kembangkan.