TANTANGAN
Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) merupakan inisiatif global yang bertujuan untuk mengatasi kemiskinan, pendidikan, kesehatan, dan keberlanjutan lingkungan pada 2015. ID COMM dihadapkan pada tantangan untuk menerjemahkan tujuan-tujuan ambisius ini menjadi hasil yang dapat dijalankan, terutama di Indonesia, di mana distribusi sumber daya tidak merata dan pemahaman tentang MDGs bervariasi.
STRATEGI
ID COMM mengadopsi strategi komprehensif yang berfokus pada advokasi publik, komunikasi inklusif, dan perubahan perilaku untuk mempromosikan MDGs. Kami berinteraksi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk kementerian teknis, organisasi masyarakat sipil (CSOs), dan media, untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan. Hal ini melibatkan pendekatan strategis, pengembangan rencana komunikasi, dan menyelenggarakan Ajang Penghargaan MDGs Indonesia atas pengakuan terhadap prestasi dan partisipasi terutama kalangan muda. ID COMM memainkan peran kunci dalam menyempurnakan kriteria Ajang Penghargaan MDGs Indonesia dan mempromosikan penghargaan ini untuk memperluas dampak MDGs di berbagai segmen demografis. Selain itu, kami mengkonseptualisasikan dan mempromosikan inisiatif “Pencerah Nusantara” untuk memperluas jangkauan MDGs, memanfaatkan keahlian kami dalam pengembangan materi komunikasi, keterlibatan pemangku kepentingan, manajemen acara, dan hubungan media.
KELUARAN
Selama kolaborasi kami dengan Kantor Utusan Khusus, ID COMM memfasilitasi publikasi yang konsisten dan mengembangkan basis data studi kasus MDGs yang komprehensif. Upaya ini tidak hanya memamerkan kemajuan Indonesia tetapi juga memperkuat hubungan dengan media dan pemahaman publik akan signifikansi MDGs. Inisiatif kami memberdayakan keterlibatan pemuda dan berkontribusi menyebarluaskan pemahaman terhadap tujuan dan pencapaian MDGs di tingkat nasional dan global. Kesimpulannya, intervensi strategis ID COMM meningkatkan visibilitas, efektivitas, dan dampak MDGs di Indonesia, mencerminkan komitmen kami untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan dan pertumbuhan inklusif melalui komunikasi strategis dan advokasi.