TANTANGAN
Industri kelapa sawit sering menjadi target kritik negatif. Kritik ini tidak sepenuhnya salah, karena perusahaan kelapa sawit terkenal dengan praktik yang tidak berkelanjutan yang menyebabkan kebakaran hutan, gangguan terhadap tanah adat, pembagian manfaat yang tidak seimbang dengan petani kecil, dan banyak lagi. Namun, karena permintaan pasar dan kesadaran yang meningkat, perusahaan-perusahaan ini mulai mempertimbangkan lanskap (hutan, lahan, ekosistem, dll.) sebagai modal alam yang, jika tidak dilestarikan hari ini, akan berdampak buruk pada bisnis mereka di masa depan. IPOP adalah hasil dari pemikiran tersebut; sebuah komitmen oleh empat perusahaan global besar pada tahun 2014 (Golden Agri Resources, Wilmar International, Cargill, dan Asian Agri) yang kemudian diikuti oleh dua perusahaan lagi (Musim Mas dan Astra Argo Lestari) pada tahun 2015 dan 2016. IPOP menghadapi tantangan untuk melaksanakan komitmen tersebut untuk praktik kelapa sawit yang lebih berkelanjutan, dan meyakinkan pemangku kepentingan akan keseriusan niat tersebut. Membangun kepercayaan, menetapkan posisi yang jelas, dan tetap berkomitmen pada tujuan adalah tantangan utama IPOP.
STRATEGI
Kerja kami dengan IPOP adalah memastikan pengaturan strategi komunikasi yang kuat dan program keterlibatan pemangku kepentingan yang kokoh. ID COMM dipercaya untuk memperkenalkan niat dan visi keseluruhan IPOP, membangun jembatan untuk memfasilitasi transmisi persepsi yang berbeda, dan menggalang dukungan untuk upaya mengadvokasi dan menerapkan praktik rantai pasokan kelapa sawit yang berkelanjutan. Sektor yang dinamis dan sangat mudah berubah ini menghadirkan tantangan bagi ID COMM untuk terus berinovasi dalam merespons situasi yang berfluktuasi.
Kami memulai bantuan kami kepada IPOP dengan memetakan pemangku kepentingan potensial, yang digunakan sebagai tolok ukur untuk mengidentifikasi area yang dapat dinominasikan sebagai lokasi percontohan IPOP dan mengembangkan peta jalan keberlanjutan untuk area tersebut. Sebagian besar keterlibatan pemangku kepentingan dilakukan oleh manajemen IPOP, ID COMM memastikan bahwa materi yang diperlukan tersedia baik untuk manajemen maupun mitra strategisnya. Komponen penting dari inisiatif ini adalah membuktikan bahwa praktik berkelanjutan dalam kelapa sawit adalah mungkin dan menguntungkan, yang dilakukan melalui pemberdayaan dan peningkatan kapasitas petani. ID COMM bekerja sama dengan SPKS untuk menyampaikan masalah nyata yang mereka hadapi: kurangnya dukungan dari pemerintah. Ini penting karena ilustrasi konvensional memposisikan petani sebagai korban yang tidak dapat dan tidak ingin diberdayakan. Ini adalah gambaran yang tidak akurat dari kenyataan, dan kami membantu IPOP memastikan bahwa masalah ini diperbaiki.
Selain itu, IPOP mengandalkan ID COMM untuk selalu mengikuti dinamika peraturan lahan dan perubahan penggunaan lahan, mengadvokasi mitra pemerintah mengenai tanggung jawab mereka, mengikuti rantai bisnis dan operasi anggota penandatangan IPOP, berinteraksi dengan NGO/CSO yang berperan sebagai pengawas industri, memfasilitasi pertukaran informasi dan hubungan antara industri kelapa sawit dengan entitas internasional, nasional, dan sub-nasional yang relevan, serta memoderasi kepentingan politik dari pemangku kepentingan yang relevan dalam industri ini. Ini adalah fitur penting dari kerja ID COMM dengan IPOP, mengingat sebagian besar pemangku kepentingan tidak sepenuhnya memahami konsep kelapa sawit berkelanjutan dan jalannya, dan kami membantu IPOP dalam upaya menyeimbangkan informasi dan membalikkan sikap keseluruhan media dan pemangku kepentingan.
Pemangku kepentingan adalah komponen penting dalam mendorong agenda IPOP. Untuk tujuan ini, ID COMM membantu IPOP dalam berinteraksi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pertanian, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Perdagangan, Kementerian Luar Negeri, dan Kantor Staf Presiden. Di tingkat subnasional, IPOP berinteraksi dengan pemerintah Musi Banyuasin (Sumatera Selatan), Riau, dan Seruyan (Kalimantan Barat). NGO/CSO yang bekerja sama dengan IPOP termasuk IDH, WRI, SPKS, Greenpeace, dan Winrock. IPOP juga melibatkan donor internasional seperti USAID, dan lembaga penelitian akademis seperti RCCC Universitas Indonesia.
KELUARAN
Bagi ID COMM, kerja kami dengan IPOP menjadi pelajaran penting. Untuk mencapai praktik yang benar-benar berkelanjutan, diperlukan sinergi upaya dari semua pemangku kepentingan, terutama institusi pemerintah. Karena pandangan yang terus berbeda dari Pemerintah Indonesia (GoI) dan GAPKI, anggota penandatangan IPOP memutuskan bahwa yang terbaik adalah membubarkan platform ini untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada reputasi anggota dan menghindari tuntutan hukum yang akan datang. Ini adalah kasus penting yang menunjukkan bahwa terkadang meskipun sektor swasta berkomitmen pada keberlanjutan, hal itu tidak akan berkelanjutan jika tidak didukung oleh pemerintah.
Namun demikian, kontribusi penting yang dibuat oleh ID COMM selama kerja kami dengan IPOP termasuk kemampuan untuk berinteraksi dengan media lokal dengan memastikan mereka memahami masalah tersebut secara komprehensif, yang membantu mendapatkan pandangan positif mereka terhadap IPOP. Media juga berkomitmen untuk mendukung transisi industri kelapa sawit Indonesia menuju paradigma yang lebih berkelanjutan. Ini adalah pergeseran yang disambut baik, karena media awalnya skeptis terhadap inisiatif ini tetapi kemudian beralih ke sikap yang lebih netral dan pengamat, bahkan sampai pada titik menindaklanjuti masalah keberlanjutan ke institusi pemerintah; sebuah faktor penting menuju kelapa sawit berkelanjutan di Indonesia. Transisi dukungan ini juga didukung oleh kerja kami dengan peneliti akademis dari RCCC UI yang bekerja untuk membuktikan secara empiris manfaat kelapa sawit berkelanjutan untuk lanskap. ID COMM memastikan bahwa informasi penting ini disampaikan dengan benar kepada media dan mendorong tekanan publik kepada pemerintah.
Selama periode operasinya, kami membantu IPOP dalam menghadapi arus kritik dan ketidaksetujuan yang terus-menerus melalui saran yang tegas dan matang mengenai strategi komunikasi untuk memperkuat reputasi manajemen IPOP dan anggota penandatangan dari kerusakan. Kami juga membantu IPOP dalam mengembangkan strategi keluar yang efektif dan bertanggung jawab pada fase terakhir mereka, memastikan bahwa tidak ada yang tertinggal.