TANTANGAN
Pada tahun 2020, merek kecantikan, perawatan kulit, dan perawatan pribadi asal Prancis, Corine de Farme, meluncurkan lini terbaru Bio-Organic yang terdiri dari produk perawatan kulit, kebersihan, dan bayi yang organik. Produk ini diklaim lebih alami dan ramah lingkungan. Sebelum meluncurkan produk tersebut ke pasar, perusahaan ingin meningkatkan kesadaran merek dan mengedukasi pasar Indonesia mengenai dampak positif penggunaan produk organik, baik manfaat langsung bagi pelanggan maupun lingkungan. Salah satu tantangan utama adalah rendahnya kesadaran dari pelanggan Indonesia tentang pentingnya menggunakan produk organik yang lebih aman digunakan pada kulit dan bagian tubuh lainnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, Corine de Farme mendekati ID COMM untuk membantu mereka dalam melakukan pendekatan yang menarik kepada calon pelanggan. Kemitraan ini berlangsung dari Agustus hingga Desember 2020.
STRATEGI
Corine de Farme memutuskan untuk meminta ID COMM memulai dua strategi promosi, yaitu pengarahan media dan keterlibatan influencer. Untuk pengarahan media, ID COMM bersama dengan Corine de Farme mengadakan konferensi pers virtual untuk memperkenalkan dan secara resmi meluncurkan produk organik mereka. Perwakilan media dan beberapa influencer yang diundang oleh ID COMM menghadiri webinar virtual tersebut. Selain itu, ID COMM juga mengundang seorang dermatolog untuk menjelaskan manfaat kesehatan dari penggunaan produk organik pada bagian tubuh. Corine de Farme menargetkan setidaknya 20 jurnalis media dan 8 influencer hadir selama konferensi virtual. Untuk keterlibatan influencer, ID COMM berhasil bekerja sama dengan total 13 influencer untuk memberikan testimoni setelah menggunakan produk organik terbaru dari Corrine.
KELUARAN
Pada akhir kemitraan, ID COMM berhasil mengumpulkan 24 perwakilan media dan 13 influencer (8 selama webinar, 13 secara keseluruhan). Selain itu, sebanyak 29 artikel yang membahas produk organik ini dipublikasikan dengan nilai PR sebesar Rp 22.405.048.610, dengan 132.780 impresi. Dari para influencer, 13 postingan Instagram dan 13 cerita diunggah selama periode kemitraan, yang menghasilkan 17.009 interaksi, 153.865 jangkauan, dan 160.125 impresi.