TANTANGAN
Kapal Api, merek kopi terkemuka di Indonesia, meluncurkan program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu yang didukung oleh BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif Indonesia). Program inspiratif ini bertujuan untuk mendorong generasi muda untuk berani berwirausaha dengan tetap memberikan dampak pada sekitarnya. Program ini menyediakan ruang untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, akses ke berbagai sumber daya, produk dan layanan pengembangan, serta dukungan dari ekosistem sosial, guna mewujudkan impian generasi muda.
STRATEGI
ID COMM mengemas program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu dengan strategi komunikasi komprehensif yang mengolaborasikan kekuatan pelibatan para pemangku kepentingan, seperti BEKRAF, para mentor sociopreneur, dan komunitas muda di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang. Program ini dikemas dalam bentuk kompetisi, workshop di sejumlah univesitas, mentoring, hingga dibukannya kesempatan untuk bertemu dengan para investor pada malam puncak yang memilih 3 orang atau tim pemenang. Pada setiap aktivitas, media juga dilibatkan secara aktif untuk membangun narasi positif yang berkelanjutan.
KELUARAN
Program yang berangsung sejak Mei 2018 hingga Februari 2019 ini berhasil memukau para generasi muda yang mempunyai ketertarikan pada sociopreneur. Hal ini dibuktikan dengan 5.000 proposal bisnis yang masuk. Narasi positif juga tersampaikan melalui ratusan pemberitaan di media massa yang semakin memperkuat reputasi merek Kapal Api.