Sari Soegondo resmi terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI) periode 2024–2027, menggantikan Jojo S. Nugroho. Perempuan yang juga co-founder dan Direktur Eksekutif ID COMM ini, terpilih melalui Rapat Anggota Tahunan APPRI yang berlangsung di Jakarta, Jumat malam (19/1/2024).
Menahkodai asosiasi yang telah berdiri sejak 10 April 1987 ini, Sari akan memprioritaskan fokusnya terhadap dua hal. Pertama, menguatkan pemahaman pengguna jasa konsultan public relations tentang praktik terbaik dan dampak yang dihasilkan. Hal ini bertujuan untuk membuat kerja PR menjadi lebih inovatif dan terintegrasi. Salah satunya, dengan mendukung kerangka standar untuk pengukuran keberhasilan PR dan komunikasi seperti yang dianjurkan oleh International Association for Measurement and Evaluation of Communication (AMEC). Sari meyakini upaya tersebut mampu mendorong program PR yang berkelanjutan ketimbang hanya fokus pada kerja jangka pendek yang tidak berkesinambungan. Di samping menyatukan pemahaman tentang cara menghargai atau menilai layanan konsultasi PR.
Kedua, meningkatkan kompetensi praktisi kehumasan di tanah air agar dapat menghadapi tantangan yang semakin tinggi, mengingat PR adalah bidang kerja yang dinamis. Melalui APPRI, ia ingin memastikan peningkatan kemampuan para agensi PR agar selalu relevan dengan kebutuhan mitra kerja, menguasai teknologi kerja yang terus bertransformasi dan menunjukkan profesionalisme bertaraf global.
Peraih gelar magister Komunikasi Korporat dari FISIP Universitas Indonesia ini juga berharap APPRI dapat menjadi wadah untuk bertukar pengetahuan dan keterampilan, mengembangkan diri, menstandarisasi praktik terbaik, dan berkolaborasi antar sesama praktisi, antar perusahaan PR, dan antar asosiasi komunikasi atau asosiasi PR di Indonesia. “Kami akan terus mengupayakan agar konsultan-konsultan lain di luar Jakarta dan Pulau Jawa dapat pula tersentuh wawasan kerja dan akses terhadap pasar sebagaimana yang selama ini dinikmati oleh kita,” pungkasnya.
SOSOK PROFESIONAL DAN INSPIRATIF
Nama Sari Soegondo tidak asing di kalangan agensi PR. Ia menekuni bidang kehumasan sudah selama 25 tahun, dikenal aktif dan cenderung mampu mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan alias multitasking.
Sebelumnya, ia adalah Wakil Ketua Umum APPRI periode 2020-2023 dan Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan di periode kepengurusan 2017-2020. Peraih gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dari Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) ini mengawali kariernya sebagai konsultan junior di salah satu agensi periklanan bernama Times Communications pada 1999 dan melanjutkan karirnya di Bank Bali (sekarang Bank Permata) sebagai PR officer untuk External Communications.
Ia sempat merambah dunia media hiburan dan gaya hidup, lalu hijrah ke industri penyiaran dengan bergabung bersama Group MRA Media sebagai tim pembuka MTV Sky Radio (sekarang Trax FM), Majalah MTV Trax, dan Hard Rock FM, lalu sempat bergabung di industri televisi di RCTI antara 2003-2006.
Hingga kemudian, ia memulai perjalanan sebagai konsultan komunikasi dan kehumasan internasional, bagian dari McCann Group Worldwide yaitu Weber Shandwick dan GolinHarris (sekarang Golin).
Pada tahun 2014, Sari mengambil keputusan berani. Bersama mitra usahanya Asti Putri, mereka membangun firma butik, yaitu PT Indo Dharma Komunika, atau dikenal dengan nama ID COMM. Perusahaan ini didirikan dengan semangat memberikan dukungan dan meningkatkan kesadaran pentingnya strategi dan program komunikasi, khususnya di sektor publik.
Memasuki usia ke-10 di tahun ini, Sari, bersama 30 orang karyawan yang dipimpinnya, berhasil meningkatkan pertumbuhan yang pesat bagi ID COMM. Guna memperluas jangkauan layanan bisnisnya, Sari juga membangun kemitraan dan membentuk perusahaan rintisan, yaitu Maxymum ID dan SkillHouse ID, di mana ia menjadi co-founder dan menduduki posisi Direktur.
Di kalangan keluarga besar ID COMM, Sari dikenal sebagai sosok yang humanis, humoris, tangkas, profesional dan inspiratif. Sari juga selalu bersemangat dalam mengimplementasikan program-program bersama klien, yang menuntut perhatian dan komitmen tinggi serta kemampuan adaptasi yang baik. Sari juga ingin selalu menyatu dengan karyawannya, membentuk pengharapan yang sama, bekerja dan bertumbuh bersama untuk kebaikan bersama.
Penulis: Yulia Maroe, Network & Partnership Manager ID COMM.